HAPPY SANTRI di PUNCAK KUKUSAN

...
Dibagikan oleh Admin pada 24 October 2017

Menyambut hari santri tahun ini, Mahasiswa semester satu Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL), Surabaya, menggelar pertunjukan yang dibalut dengan tema 'Heppy Santri, Heppy Syar'i' di Puncak gunung Kukusan, Panceng , Gresik (21/10/2017).

Ada banyak penampilan yang dikedepankan, mulai dari lagu-lagu islami (nasyid), puisi, pidato, dan drama.

Acara ini diselenggarakan, kata Abu Anis, salah seorang pengasuh, selain sebagai wahana hiburan, juga ditujukan memberi spirit dan nilai-nilai positif bagi segenap komponen kampus dengan perantara seni.

" Setiap penampilan harus mengandung muatan spiritualitas, serta tidak menabrak koredor syariah. Karena itu, sangat dilarang penampilan kebanci-bancian. Sebab salah satu tema yang kita usung 'Heppy Syar'i," ujarnya.

Selain bernafaskan spiritualitas, dalam pertunjukan, para mahasiswa juga memberikan kritik kepada pemerintah terhadap persoalan bangsa. Terutama soal korupsi yang tak berkesudahan di negeri ini.

Pesan itu disampaikan melalui puisi berantai, yang mengangkat tema; Koruptor dan Penjual Pecel.

Dikisahkan melalui bait-bait puisi, akan nasib tragis penjual pecel, karena pelangan lari, sebab ia tak lagi mampu menyugukan bumbu pecel yang nikmat, disebabkan melonjaknya harga-harga bahan bumbu pecel di pasar, terutama cabai. Sedangkan ia tak mampu membelinya.

"Aku benci koruptor... " pekik Ihsan, pembaca puisi yang berperan sebagai penjual pecel, pada bait terakhir.

Para penonton yang terdiri dari mahasiswa dan asatidz nampak antusias menikmati setiap penampilan. Tak jarang gemuruh tawa menggelegar, ketika menyaksikan adegan lucu.

"Semoga di penampilan pada momentum-momentum berikutnya akan lebih baik lagi , baik itu dari segi penampilan maupun pesan yang disampaikan, " harap Abu Anis ketika memberikan sambutan di penghujung acara. (Khairul Hibri)