Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) bagi peserta Sertifikasi Dosen Program Tugas Pembelajaran (PTP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram berlangsung dengan sukses di kampus STAI Luqman al Hakim Surabaya pada hari Senin, 11 November 2024. Monev ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan dan kinerja peserta sertifikasi dosen yang mengikuti program PTP di UIN Mataram pada 2023 lalu, yaitu Priyanto, M.Psi, Abdul Malik Dachlan, M.Pd. dan Rudi Trianto, M.Kom.I.
Acara dimulai pada pukul 11.40 WIB, dihadiri oleh sejumlah pihak terkait, antara lain tim monev PTP UIN Mataram, ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STAIL, ketua, wakil ketua, serta para kaprodi di STAI Luqman al Hakim Surabaya.
Dalam sambutannya, Dr. H. Abdul Fattah, M.Fil.I., selaku ketua tim sekaligus sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu UIN Mataram, mengungkapkan pentingnya program sertifikasi dosen dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas dosen di lingkungan perguruan tinggi.
“Melalui kegiatan Monev ini, kita berharap dapat melihat sejauh mana peserta dapat mengaplikasikan materi yang telah mereka terima selama proses sertifikasi, sekaligus memberi arahan agar ke depannya lebih optimal dalam melaksanakan tugas pengajaran,” ujarnya.
Kegiatan Monev dilaksanakan dalam bentuk presentasi dan diskusi interaktif antara peserta dengan tim evaluasi. Peserta mempresentasikan rencana pengajaran, materi yang telah mereka kembangkan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Para evaluator memberikan feedback langsung terhadap metode pengajaran yang diterapkan, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan.
Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan yang menggarisbawahi pentingnya keberlanjutan program sertifikasi dosen. Diharapkan hasil evaluasi ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan kualitas pendidikan di STAI Luqman al Hakim.
Kegiatan Monev ini juga menjadi momentum bagi peningkatan hubungan kerjasama antara UIN Mataram dan STAI Luqman al Hakim dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam konteks pengembangan kompetensi dosen yang berkelanjutan.